Logo Fowtedu

Cloud Computing, juga dikenal sebagai komputasi awan, adalah model penyediaan akses internet ke sumber daya komputasi seperti server, penyimpanan, basis data, jaringan, perangkat lunak, dan lainnya.

Karena banyak keuntungan, seperti menurunkan biaya, meningkatkan produktivitas, kecepatan, efisiensi, performa, dan keamanan, cloud computing menjadi pilihan yang populer.

Cloud computing tidak termasuk dalam microchip atau telepon genggam. Penting untuk mengetahui sistem utamanya yang terdiri dari :

1. Software-as-a-service (SaaS)

Perangkat lunak aplikasi disediakan oleh penyedia cloud dan dapat diakses melalui internet, sehingga pengguna dapat langsung menggunakannya tanpa perlu mengawasi infrastruktur, perawatan, atau pembaruan. Tipe seperti ini biasanya ditemukan di Microsoft Office’s 365

  • Infrastructure-as-a-service (IaaS)

Pengguna dapat mengelola sistem operasi, aplikasi, dan data mereka sendiri karena penyedia cloud menyediakan infrastruktur dasar seperti server, penyimpanan, dan jaringan. Contoh populer dari tipe ini adalah Public Cloud dari Indonesian Cloud dan Microsoft Azure.

  • Platform-as-a-service (PaaS)

Selain infrastruktur, penyedia cloud menawarkan lingkungan pengembangan dan pengelolaan aplikasi, sehingga pengguna dapat membangun, menguji, dan mendeploy aplikasi tanpa harus mengelola infrastruktur yang mendasarinya. Contoh dari PaaS seperti Salesforce.com dan Heroku.

Penyimpanan berbasis cloud memungkinkan kamu menyimpan file selama terhubung ke internet.

Ditunggu info menarik lainnya tentang Cloud Computing di Fowtedu ya!